Kota Besar yang Tak Luput dari BABS

Name : Bulan Suci Ramadan, Tinju Tinja Squad DKI Jakarta.


Salah satu persepsi yang sering muncul di masyarakat adalah, isu BABS sudah tidak ditemukan di kota-kota besar. Faktanya, bahkan di Jakarta yang merupakan Ibu Kota Indonesia masih banyak ditemukan praktik BABS. Inilah yang dihadapi oleh Bulan Suci Ramadan (24), Tinju Tinja Squad dari DKI Jakarta.

 

Di kota besar seperti Jakarta, masih banyak ditemui kasus BABS. Terutama di daerah pinggiran kota. Bulan melakukan empat kali edukasi di wilayah Jakarta Barat. Bulan terus bergerak agar makin banyak warga yang mengetahui akan bahaya dari kebiasaan BABS.

 

Meskipun sudah melakukan empat kali edukasi, Bulan masih saja menemukan anak-anak hingga remaja yang melakukan BABS. Kebanyakan dari mereka beralasan karena rumah mereka yang dekat dengan empang dan aliran sungai sehingga lebih mudah melakukan BABS.

 

Ada juga yang berargumen bahwa untuk membangun sanitasi yang baik itu mahal.

 

Menurut Bulan, pemahaman yang kurang dan kesungkanan untuk menegur juga menjadi faktor yang menyebabkan BABS sulit sekali diberantas di Indonesia.

 

Bulan terus berharap agar semakin banyak orang yang sadar akan bahaya BABS ini, sehingga di masa depan, Indonesia benar-benar akan bebas dari dari isu BABS.


Back To Top