Membasmi Kebiasaan BABS Lewat Edukasi

Name : Arifudin Hasan, Tinju tinja Squad Luwu Utara, Sulawesi Selatan



Memiliki latar belakang sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat membuat Arifudin Hasan tidak sulit menerima panggilan untuk menjadi Tinju Tinja Squad. Arif merupakan salah satu Tinju Tinja Squad asal Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

 

Berbekal ilmu di bidang kesehatan, Arif menggunakan pengetahuannya utnuk memberikan edukasi bahaya BABS. SDN 017 Sabbang, SulSel, menjadi tempat pertamanya memberikan edukasi BABS,

 

Bukan tanpa alasan, lokasi tersebut dipilih oleh Arif karena lokasinya yang masih berdekatan dengan sungai dan menurut pengamatannya, masih banyak anak-anak yang melakukan aktivitas di sungai tersebut. Padahal sungai tersebut diragukan tingkat kebersihannya. Hal seperti ini yang menjadi sarana bakteri jahat dapat masuk ke tubuh anak.

 

Bahkan menurut Arif, masih banyak warga yang melakukan BABS di sungai dengan alasan sudah menjadi kebiasaan. Tentu sangat membahayakan jika perilaku BABS ini sudah menjadi kebiasaan. Arif pun semakin tergerak untukmenghentikan budaya buruk ini.

 

Meski bergerak sendiri, Arif tetap mendapat dukungan dalam menjalankan aksinya. Dukungan yang diberikan antara lain dari guru-guru SDN 017 Sabbang hingga Pemda Luwu Utara. Mereka sangat menyambut positif karena memang merasakan bahwa isu ini semakin lama akan semakin gawat jika tidak ditangani dengan baik.

 

"Mengubah perilaku itu sangat sulit tp ketika dilakukan edukasi secara terus menerus pasti lambat laun perilaku masyarkat kita akan berubah" ujar Arif.


Back To Top